Yogyakarta – Jokowi terus berusaha untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Indonesia, salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan pendidikan. Jokowi terus berupaya meningkatkan kualitas keterampilan masyarakat Indonesia melalui pendidikan formal maupun pelatihan.

Airlangga Hartarto Menko Bidang Perekonomian mengatakan bahwa pihaknya telah memerintahkan kepada Kementerian Perindustrian untuk membangun Politeknik. Tujuan pembangunan politeknik ini sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM supaya bisa berdaya saing dengan pekerja dari luar negeri.

Pembangunan Politeknik ini akan berada di daerah Morowali, Sulawesi Tengah yang nantinya lulusan dari sini bisa bekerja pada pabrik Smelter yang ada. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya tawar serta daya saing penduduk lokal supaya bisa terhindar dari konflik horizontal.

Selain itu Jokowi juga memerintahkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas untuk memperbaiki fasilitas infrastruktur di luar area kawasan industri hilirisasi mineral seperti smelter.

Jokowi telah menunjuk Bappenas untuk menyelesaikan masalah ketimpangan infrastruktur di 40 kota yang terletak di sekitar area kawasan industri.