Yogyakarta – Ternyata Jokowi memiliki mimpi untuk melakukan optimalisasi penguatan hilirisasi dari pedesan sebab mereka yang punya potensi. Hilirisasi ini harus dikelola dan diberdayakan oleh masyarakat desa itu sendiri karena mereka yang mengetahui potensi mereka.

Jokowi berpendapat bahwa desa itu sebenarnya menyimpan banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk menunjang kesejahteraan bersama. Kita hanya perlu memberikan perhatian serta pemahaman terkait pengelolaan atas potensi yang dimiliki desa.

Bila semua tersebut berjalan dengan lancar dan baik maka 10 tahun kedepan Indonesia bisa menjadi negara maju.

Budiman Sudjatmiko Politisi PDIP mengatakan bahwa semua itu bisa terjadi, dirinya telah menyaksikan bagaimana industri pedesaan bisa dikelola dengan baik nilainya fantastis. Sebagai contoh ada pengolahan nanto teknologi dari bahan dasar cengkeh itu sangat mahal dan dicari banyak negara.

Ada lagi pembuatan ekstrak minyak biji bunga matahari yang sangat dibutuhkan untuk industri kimia dan obat – obatan. Semua itu hanya desa saja yang tahu potensi terbaiknya bergerak dalam bidang apa, tapi itu juga butuh dukungan dari pusat tidak bisa sendiri.