Yogyakarta – Jokowi terus berupaya melakukan dorongan reformasi
birokrasi dilingkungan administrasi negara melalui efisiensi. Jokowi juga
mendorong Kemenpan RB untuk melakukan transformasi ke arah digital mengikuti
perkembangan zaman.

Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan membuat sistem
pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional layanan aspirasi dan pengaduan
online rakyat (SP4N – LAPOR). Melalui aplikasi tersebut kini masyarakat bisa
melaporkan terkait pelayanan birokrasi yang dirasa tidak sesuai secara langsung
dan bisa dimana saja.

Menpan RB Azwar Anas mengatakan pembuatan aplikasi tersebut merupakan
tindak lanjut instruksi Jokowi selaku kepala negara. Anas mengatakan SP4N –
LAPOR tersebut merupakan salah satu bentuk dari kontrol masyarakat untuk bisa
ikut mengawasi reformasi birokrasi.

Anas menambahkan bahwa sebelumnya dirinya sempat bertemu dengan Sri
Mulyani terkait upaya reformasi birokrasi. Sri Mulyani mengatakan bahwa
reformasi birokrasi paling berat itu merubah diri sendiri dan masyarakat untuk
tertib.