Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya
bertemu langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana
Maryinsky, Kyiv pada Rabu 29 Juni 2022 sore waktu setempat.

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengatakan
kepada Zelenskyy bahwa kehadirannya merupakan wujud kepedulian masyarakat
Indonesia terhadap situasi di Ukraina.

"Jauh-jauh datang ke Ukraina dan
menemui Presiden Volodymyr Zelenskyy di istana Maryinsky, saya tidaklah sekedar
berkunjung. Kedatangan saya adalah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia
terhadap situasi di Ukraina," dikutip dari akun Instagram @jokowi, Kamis
(30/6/2022).

Jokowi pun menawarkan diri kepada
Zelenskyy sebagai pengirim pesan untuk nantinya disampaikan kepada Presiden
Rusia Vladimir Putin.

"Spirit perdamaian jangan pernah
luntur. Dalam kaitan ini, saya datang menawarkan diri untuk membawa pesan dari
Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi pula,"
katanya.

Jokowi tekankan bahwa Ukraina begitu
penting bagi rantai pasok pangan dunia. Maka dari itu, semua negara harus ikut
serta memberikan kelancaran ekspor.

"Penting bagi semua pihak untuk
memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk
melalui pelabuhan laut," ungkapnya.

Selain itu, Jokowi mengungkapkan bahwa
tahun merupakan peringatan ke 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan
Ukraina. Jokowi pun menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat
kerja sama yang lebih baik bagi Ukraina.

















"Pada kesempatan ini saya
menyampaikan undang secara langsung kepada presiden Zelenskyy untuk
berpartisipasi dalam KTT G20 bulan November tahun ini di Bali," tegasnya.