Yogyakarta – Kelangkaan dan mahalnya pupuk menjadi tantangan bagi para petani ketika membutuhkan sebab harganya bisa melambung tinggi. Tapi keterbatasan tersebut bukan sebuah halangan bagi para petani untuk terus menanam dan menghasilkan produk pertanian.

Seperti yang dilakukan oleh para petani di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban yang mengembangkan pupuk organik. Jokowi yang mengetahui kreativitas para petani di Desa Senori tersebut merasa takjub dan sekaligus bangga.

Sebab menurut Jokowi dengan adanya kemauan dan kemampuan serta didorong rasa ingin tahu bisa membuat sebuah kemajuan untuk kebaikan bersama. Jokowi memberikan apresiasi kepada para petani tersebut atas usaha mereka dalam mensiasati mahalnya pupuk urea.

Jokowi juga mendorong kepada seluruh petani yang ada di Indonesia untuk meniru apa yang dilakukan oleh petani di Desa Senori tersebut. Menurut Jokowi penggunaan pupuk organik juga bisa memotong biaya produksi dan menghilangkan ketergantungan dari pupuk kimia, jadi ini baik untuk semuanya.