Yogyakarta – Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh badan meteorologi klimatologi dan geofisika Indonesia bakal dilanda El Nino. Dampak dari badai El Nino sendiri akan ada penurunan curah hujan sehingga membuat musim kemarau menjadi lebih panjang.

Maka dari itu Jokowi memerintahkan kepada Bulog untuk meningkatkan beras cadangan yang ada di gudang sebelum El Nino. Jokowi juga memberikan izin kepada Bulog untuk melakukan impor beras sebanyak 2 juta ton yang datang secara bertahap.

Beras tersebut rencananya bakal didatangkan dari Thailand dan Vietnam dan bakal datang secara bertahap sambil menyerap beras nasional. Pada tahap awal Bulog bakal memasukan 500 ribu ton beras terlebih dahulu kemudian baru 1,5 juta ton akan berangsur hingga akhir tahun 2023.

Jokowi mengatakan terpaksa mengambil langkah ini demi mencegah terjadinya kelangkaan stok beras ketika El Nino terjadi. Jokowi juga tekankan kepada Bulog untuk memprioritaskan menampung beras para petani terlebih dahulu ketika masa panen raya ini.