Yogyakarta – Pada minggu terakhir bulan Maret mendatang bakal memasuki awal bulan Ramadhan bagi umat muslim. Biasa Nya bulan puasa juga dibarengi dengan adanya inflasi sejumlah bahan komoditas pangan utama.

Maka dari itu Jokowi berusaha untuk melakukan langkah antisipasi terkait kenaikan harga sejumlah bahan komoditas pangan. Langkah yang diambil Jokowi dengan berupaya untuk menjaga stok bahan komoditas pangan yang mengalami peningkatan ketika puasa.

Bahan komoditas yang bakal mengalami permintaan tinggi yakni beras serta daging sapi dan kerbau. Oleh sebab itu Jokowi perintahkan jajaranya untuk melakukan pengaman stok bahan komoditas tersebut.

Arief Prasetyo Adi Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengatakan Jokowi telah menaikan harga beli gabah baik kering atau pun giling di tingkat petani oleh Bulog. Langkah ini diambil supaya Bulog dapat memiliki stok yang cukup untuk menyambut bulan puasa dan lebaran nanti.

Arif juga mengatakan Jokowi sedang mempersiapkan langkah impor 200.000 ton daging sapid an kerbau. Sapi dan kerbau tersebut bakal di datangkan dari India serta Brazil karena sapi Australia sedang mengalami kenaikan karena musibah banjir.

Sapi dan kerbau tersebut nantinya datang dalam keadaan hewan hidup, supaya masyarakat bisa ikut terbantu ekonominya dengan usaha penggemukan.