Yogyakarta - Joko Widodo menyebut Indonesia termasuk cepat dalam hal pemulihan ekonomi usai didera badai Covid-19. Sekarang, pariwisata di berbagai daerah di Indonesia mulai ramai.

Salah satunya di Kawasan Wisata Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Di lokasi ini, banyak wisatawan asing terutama dari Tiongkok yang mulai berkunjung.

"Pak kepala daerah menyampaikan turis dari Tiongkok dari China Februari mulai dibuka lagi. Ada 3-4 pesawat yang akan kembali datang mulai awal Februari ini dan ini kan sudah yang dari Singapura. Saya kira akan normal kembali," ungkap Jokowi

Tidak hanya di Sulut, icon pariwisata Indonesia yaitu Pulau Bali juga sama. Pariwisata di Pulau Bali kembali ramai dengan berdatangannya wisatawan asing dan lokal.

"Recovery pemulihan di Indonesia jauh lebih cepat. Sekarang Bali sudah full wisatawan meskipun belum seperti pandemi tetapi sudah lebih di atas 60-70%. Di tempat lain juga sama," katanya.

Sebagai catatan, secara nasional memang kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sudah mengalami peningkatan signifikan. Tercatat pada 2022 sudah mencapai 3,92 juta atau melebih target yang dipatok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebanyak 3,6 juta kunjungan.