Yogyakarta – Dunia sekarang benar – benar dilanda krisis yang menghantui berbagai negara hal tersebut terungkap dari krisis pangan. Harga komoditas pangan di luar negeri mengalami kenaikan cukup yang signifikan dampaknya sangat terasa.

Meski begitu Jokowi bersyukur bahwa Indonesia bisa terhindar dari dampak krisis pangan yang menga melanda dunia. Jokowi mengatakan bahwa harga pangan di Indonesia masih relatif lebih stabil serta terjangkau oleh masyarakat.

Melambungnya harga pangan dunia disebabkan adanya perang yang berkepanjangan antara Rusia dan Ukraina yang menghambat pasukan pupuk. Wajar karena pasukan pupuk dunia bergantung pada Ukraina jadi ketika produknya bermasalah maka rantai dibawahnya juga ikut bermasalah.

Maka dari itu Jokowi melakukan langkah antisipasi dengan mengoperasikan pabrik pupuk NPK PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Aceh. Langkah tersebut diambil guna memenuhi kebutuhan pupuk dalam negeri supaya bisa mandiri tanpa tergantung impor.

Jokowi mengatakan nantinya kebutuhan pupuk bisa dipenuhi dari PIM, pasalnya kapasitas produksinya mencapai 1,4 juta ton pupuk setiap tahunnya.